Jumat, 05 Oktober 2012

JOHARIPIN PETANI PEMULYA BENI

Joharipin Petani Pemulya Benih asal Indramayu

Terletak di desa jengong kecamatan kertasemaya kabupaten indramayu , Berada pada ketinggian 17 m dpl. berbatasan dengan desa tenajar kidul sebelah utara, desa tegal wirangrong sebelah timur, desa gua lor sebelah selatan
, dan sebelah barat berbatasan dengan tulungagung. ada seorang petani kreatif dan penuh inisiatif yang patut di banggakan oleh negri ini , petani yang selama ini di anggap sebagai kaum bawahan dan kaum terbelakang tetapi ketika terdengar nama Joharipin terbuka mata kita dan tak bisa menganggap enteng begitu saja .

Terlahir dari keturunan petani tak lantas membuatnya gengsi , joharipin terus beraktifitas seperti yang di lakukan kakek uyutnya . berangkat dari mahalnya pupuk serta mahalnya bibit padi dari industri . joharipin pun sempat bingung . karna hasil panen di bandingkan biaya produksi tak mampu mencukupi bahkan malah rugi. dengan kondisi seperti itu joharipin mulai berfikir . bagaimana caranya menghasilkan benih yang bagus ,tahan wereng dan hanya membutuhkan sedikit pupuk tapi mampu menghasilkan panen yang banyak.

Joharipin pun menyilangkan padi dengan jenis "kebo" dan jenis "lengong" .dari hasil penyilanganya itulah Joharipin memberinya nama BONGONG . tanpa di sangka dan di duga sebelumya dengan hasil penyilangan itulah joharipin mampu memperoleh panen 10ton/ha. dari hasil yang begitu memuaskan akhirnya banyak tetangga Joharipin berbondong-bondong kerumahnya untuk membeli padi bongong dan di jadikan bibit.

Permasalahan pun datang , industri yang selama ini mampu mendistribusikan bibitnya kepada para petani tapi semenjak ada Bongong bibit industri pun tak laku . "Dengan alasan menjual bibit secara ilegal dan lain sebagainya, Joharipin sering mendapat intimidasi dari pihak-pihak tertentu " tuturnya. tetapi apa yang terjadi pemerintah yang seharusnya bangga dengan kreasi anak negri justru malah berada jauh di belakang .

Tetapi joharipin tak berhenti begitu saja . baginya bercocok tanam yang di lakukannya dan saling tukar menukar bibit sesama petani sudah menjadi tradisi dari kakek uyutnya . dari hasil kreatifitasnya joharipin mampu menjadi teladan bagi sesama petani . dan kearifan lokal yang tumbuh dalam dirinya tak sanggup jika dinilai dengan rupiah. Meski mampu berhasil menyilangkan bibit bongok lantas Joharipin tan menjadikannya bisnis dengan menjual bibit . meskipun banyak pihak yang mengiginkanya dengan harga mahal sekalipun , tapi beliau bertutur jika berminat mampir aja kerumah saya kasih tahu caranya dan saya kasi satu dua batang untuk di bawa pulang dan dibudi dayakan , tuturnya.

Suatu kebanggaan bagi indonesia dari desa jengong , terlahir seorang profesor sejati yang tumbuh dari didikan alam . Tak harus tergantung dengan pihak laen jika kreatifitas anak negri mampu menjadi tauladan bagi kita semua . peranan pemerintah sangat penting untuk mempertahan kan pangan lokal dan melindungi para petanih pemulya benih .


Sumber : joharipin dan kelompok tani sumber sri asih desa jengok

jakarta ,06-10-2010
mas_inunk