Sya’ban adalah salah satu bulan istimewa, bulan yang dihormati dalam agama
Islam, selain Muharram, Dzulhijjah dan Rajab. Lebih utama lagi pada malam ke
lima belas, yang dikenal dengan nama malam Nisfu Sya’ban.
Sebagaimana dijelaskan dalam hadits shahih dari Mu‘az bin Jabal Radhiallahu
‘anhu, bahwa pada malam ini “Allah menjenguk datang kepada semua makhlukNya di
Malam Nishfu Sya‘ban, maka diampuni segala dosa makhlukNya kecuali orang yang
menyekutukan Allah dan orang yang bermusuhan.” (HR. Ibnu Majah, at-Thabrani dan
Ibnu Hibban).Begitu juga hadits riwayat Aisyah r.a.
عن عائشة بنت أبي بكر قالت: «قام رسول الله
من الليل يصلي، فأطال السجود حتى ظننت أنه قد قبض، فلما رأيت ذلك قمت حتى حركت
إبهامه فتحرك فرجعت، فلما رفع إلي رأسه من السجود وفرغ من صلاته، قال: يا عائشة
أظننت أن النبي قد خاس بك؟، قلت: لا والله يا رسول الله، ولكنني ظننت أنك قبضت
لطول سجودك، فقال: أتدرين أي ليلة هذه؟ قلت: الله ورسوله أعلم، قال: هذه ليلة
النصف من شعبان، إن الله عز وجل يطلع على عباده في ليلة النصف من شعبان، فيغفر للمستغفرين،
ويرحم المسترحمين، ويؤخر أهل الحقد كما هم»
Dari Aisyah radhiyallahu anha berkata bahwa Rasulullah SAW bangun pada malam
dan melakukan shalat serta memperlama sujud, sehingga aku menyangka beliau
telah diambil. karena curiga maka aku gerakkan telunjuk beliau dan ternyata
masih bergerak. Ketika beliau mengangkat kepalanya dari sujud dan selesai dari
shalatnya, beliau berkata, “Wahai Asiyah, (atau Wahai Humaira’), apakah kamu
menyangka bahwa Rasulullah tidak memberikan hakmu kepadamu?”Aku menjawab, “Tidak
ya Rasulallah, namun Aku menyangka bahwa Anda telah dipanggil Allah karena
sujud Anda lama sekali.” Rasulullah SAW bersabda, “Tahukah kamu malam apa ini?”
Aku menjawab, “Allah dan rasul-Nya lebih mengetahui.”Beliau bersabda, “Ini
adalah malam nisfu sya’ban (pertengahan bulan sya’ban). Dan Allah muncul kepada
hamba-hamba-Nya di malam nisfu sya’ban dan mengampuni orang yang minta ampun,
mengasihi orang yang minta dikasihi, namun menunda orang yang hasud sebagaimana
perilaku mereka.” (HR Al-Baihaqi)
Begitulah kemurahan Allah swt yang diberikan kepada hambanya di malam Nisfu
Sya’ban. Sehingga dalam kesempatan lain Aisyah meriwayatkan hadits lagi dengan
banyaknya pengampunan itu semisal bulu kambing Bani Kalb
عن عائشة بنت أبي بكر قالت: «قال رسول الله :
"إن الله ينزل ليلة النصف من شعبان إلى السماء الدنيا، فيغفر لأكثر من عدد
شعر غنم كلب"
Sesungguhnya Allah ‘Azza Wajalla turun ke langit dunia pada malam nisfu
sya’ban dan mengampuni lebih banyak dari jumlah bulu pada kambing Bani Kalb
(salah satu kabilah yang punya banyak kambing). (HR At-Tabarani dan Ahmad)
Demikianlah hendaknya kesempatan ini tidak disia-siakan. Seorang muslim yang
bijak tentunya akan memanfaatkan malam Nisfu Sya’ban sebaik-baiknya, dengan
sebaik-baiknya memohon pengampunan dan melaksanakan amal kebaikan
sebanyak-banyaknya. Demikian hadits riwayat Ali bin Abi Thalib menegaskan
عن علي بن أبي طالب قال: «قال رسول الله :
"إذا كان ليلة النصف من شعبان فقوموا ليلها وصوموا نهارها فإن الله ينزل فيها
إلى سماء الدنيا فيقول ألا من مستغفر فأغفر له ، ألا من مسترزق فأرزقه ألا من
مبتلى فأعافيه ألا كذا ألا كذا حتى يطلع الفجر
Dalam hadis Ali, Rasulullah bersabda: "Malam nisfu Sya'ban, maka
hidupkanlah dengan salat dan puasalah pada siang harinya, sesungguhnya Allah
turun ke langit dunia pada malam itu, lalu Allah bersabda: "Orang yang
meminta ampunan akan Aku ampuni, orang yang meminta rizqi akan Aku beri dia
rizqi, orang-orang yang mendapatkan cobaan maka aku bebaskan, hingga fajar
menyingsing." (H.R. Ibnu Majah dengan sanad lemah).
Amalan Malam Nisfu Sya’ban
Berbagai amalan malam Nisfu Sya’ban dapat dimulai setelah sholat maghrib.
Berpegang pada hadits Rasulullah saw, sebaiknya ibadah malam Nisfu Sya’ban ini
dilakukan secara individual (tidak berjama’ah). Namun juga tidak ada pelarangan
jika dilakukan secara berjama’ah. Dengan didahului shalat sunnah dua rakaat
yang niatnya adalah
أصلى سنة نصف شعبان ركعتين لله تعالى
Artinya: Aku niat shalat sunat nisfu sya’ban 2 rakaat sebagai karena Allah
Ta’ala.
Bilangan shalat sunnah Nisfu Sya’ban adalah 2 rakaat dengan 1 kali salam. Pada
rakaat pertama setelah Al-Fatihah membaca surat Al-Kafirun. Sedangkan pada
rakaat setelah Al-Fatihah membaca surat Al-Ikhlas.
Dalam Ihya’ Ulumiddin, Imam Ghazali memberikan petunjuk agar dalam setiap
rekaatnya setelah membaca fatihah hendaknya membaca surat al-Ikhlas sebelas
kali. Atau dapat juga shalat sepuluh rakaat disetiap rakaatnya membaca Fatihah
dan membaca al-Ikhlas seratus kali. Shalat ini disebut juga shalat al-khair,
hal ini berdasar pada apa yang dilakukan oleh para ulama terdahulu.
Setelah shalat sunnah dua rekaat biasanya dilanjutkan dengan membaca surat
yasin tiga kali yang dan ditutup dengan do’a malam Nisyfu Sya’ban di bawah ini
اَللَّهُمَّ يَا ذَا الْمَنِّ وَ لا يَمُنُّ
عَلَيْكَ يَا ذَا اْلجَلاَلِ وَ اْلاِكْرَامِ ياَ ذَا الطَّوْلِ وَ اْلاِنْعَامِ
لاَ اِلهَ اِلاَّ اَنْتَ ظَهْرَ اللاَّجِيْنَ وَجَارَ الْمُسْتَجِيْرِيْنَ وَ
اَمَانَ اْلخَائِفِيْنَ . اَللَّهُمَّ اِنْ كُنْتَ كَتَبْتَنِى عِنْدَكَ فِيْ
اُمِّ اْلكِتَابِ شَقِيًّا اَوْ مَحْرُوْمًا اَوْ مَطْرُوْدًا اَوْ مُقْتَرًّا
عَلَىَّ فِى الرِّزْقِ فَامْحُ اللَّهُمَّ بِفَضْلِكَ فِيْ اُمِّ اْلكِتَابِ
شَقَاوَتِي وَ حِرْمَانِي وَ طَرْدِي وَ اِقْتَارَ رِزْقِي وَ اَثْبِتْنِىْ
عِنْدَكَ فِي اُمِّ اْلكِتَابِ سَعِيْدًا مَرْزُوْقًا مُوَفَّقًا لِلْخَيْرَاتِ
فَإِنَّكَ قُلْتَ وَ قَوْلُكَ اْلحَقُّ فِى كِتَابِكَ الْمُنْزَلِ عَلَى نَبِيِّكَ
الْمُرْسَلِ يَمْحُو اللهُ مَا يَشَاءُ وَ يُثْبِتُ وَ عِنْدَهُ اُمُّ اْلكِتَابِ.
اِلهِيْ بِالتَّجَلِّى اْلاَعْظَمِ فِي لَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَهْرِ شَعْبَانَ
الْمُكَرَّمِ الَّتِيْ يُفْرَقُ فِيْهَا كُلُّ اَمْرٍ حَكِيْمٍ وَ يُبْرَمُ
اِصْرِفْ عَنِّيْ مِنَ اْلبَلاَءِ مَا اَعْلَمُ وَ مَا لا اَعْلَمُ وَاَنْتَ
عَلاَّمُ اْلغُيُوْبِ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَصَلَّى اللهُ
عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَ صَحْبِهِ وَ سَلَّمَ . اَمِيْنَ
Artinya:
Ya Allah, Dzat Pemilik anugrah, bukan penerima anugrah. Wahai Dzat yang
memiliki keagungan dan kemuliaan. Wahai dzat yang memiliki kekuasaan dan
kenikmatan. Tiada Tuhan selain Engkau: Engkaulah penolong para pengungsi,
pelindung para pencari perlindungan, pemberi keamanan bagi yang ketakutan. Ya
Allah, jika Engkau telah menulis aku di sisiMu di dalam Ummul Kitab sebagai
orang yang celaka atau terhalang atau tertolak atau sempit rezeki, maka
hapuskanlah, wahai Allah, dengan anugrahMu, dari Ummul Kitab akan celakaku, terhalangku,
tertolakku dan kesempitanku dalam rezeki, dan tetapkanlah aku di sisimu, dalam
Ummul Kitab, sebagai orang yang beruntung, luas rezeki dan memperoleh taufik
dalam melakukan kebajikan. Sunguh Engkau telah berfirman dan firman-Mu pasti
benar, di dalam Kitab Suci-Mu yang telah Engkau turunkan dengan lisan nabi-Mu
yang terutus: “Allah menghapus apa yang dikehendaki dan menetapkan apa yang
dikehendakiNya dan di sisi Allah terdapat Ummul Kitab.” Wahai Tuhanku, demi
keagungan yang tampak di malam pertengahan bulan Sya’ban nan mulia, saat
dipisahkan (dijelaskan, dirinci) segala urusan yang ditetapkan dan yang
dihapuskan, hapuskanlah dariku bencana, baik yang kuketahui maupun yang tidak
kuketahui. Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala sesuatu yang tersembunyi, demi
RahmatMu wahai Tuhan Yang Maha Mengasihi. Semoga Allah melimpahkan solawat dan
salam kepada junjungan kami Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabat
beliau. Amin.
sumber : www.nu.co.id