Jumat, 13 Juli 2012

Belajar dan Berjuang seperti "JAGUNG"

Menjadi pribadi yang sukses adalah dambaan semua manusia terlebih jika kesuksesan itu bermanfaat bagi sesama . tetapi angan dan impian yang tinggi tak perna kita imbangi dengan usaha yang keras . berharap hasil yang maksimal tentunya harus di sertai dengan usaha yang maksimal pula .


Jagung adalah sesuatu yang gak asing buat kita , terlebih jagung adalah hasil komoditi ke dua bangsa ini . tetapi kita tak perna melihat perjuangan jagung hingga bisa di nikmati orang banyak . dari yang di bikin nasi jagung , jagung goreng , pop corn dll .

Mari kita tenggok perjuangan jagung hingga dia sukses dan bermanfaat . perjuangan jagung tak semudah seperti orang ketika menikmatinya . ketika musim hujan tibah para petani pun menyambut nya dengan bercocok jagung entah apa yang terpikir dalam benak para petani kenapa jagung menjadi pilihan yang harus di tanam . jagung pun gak bisa protes kenapa harus dia yang menjadi pilihan . tetapi jagung menerima dengan lapang dada dan menjalani titah dari sang pencipta melalui tangan-tangan para petani .

Ketika tangan-tangan terampil sang petani mulai menancapkan bongkahan kayu yang sudah di lancipin sebelumnya di belakangnya mengiringi para petani yang lain untuk meletakkan beberapa biji jagung ke dalam lubang tadi . seiring kemudian lubang yang sudah di kasi bibit jagung tak lantas di biarkan begitu saja tetapi oleh petani harus di kasih pupuk dan di kasih tanah . bisa kita bayangkan berapa berat beban yang harus di pikul oleh bibit-bibit jagung tersebut . belum lagi usikan burung-burung yang lapar , yang siap setiap saat menggaruk-nggaruk tanah untuk memperoleh bibit-bibit itu .

Tetapi para bibit-bibit jagung itu tak lantas menyerah begitu saja . belum lagi guyuran air yang setiap saat membasahi setiap lubang-lubang yang menjadi wadah bibit-bibit itu merangkai mimpinya . waktu berlalu , pagi menjadi siang , siang menjadi malam dan seterusnya . para bibit-bibit itu tak lantas menyerah begitu saja meski beban berat yang menjadi tantangan harus ia taklukan .

Berkat kegigihan atas usahanya bibit-bibit tersebut tumbuh menjadi kuncup-kuncup kecil dengan penuh semangat menatap harapan meski beban dan rintangan di depan banyak menghadang  . dari hama-hama kecil hingga injakan kaki-kaki yang tak bertanggung jawab dan lainya yang setiap saat merongrong kegelisahan dan menghadang impian .

Tetapi hidup harus tetap berjalan ini adalah perang cetus kuncup-kuncup yang penuh ambisi meraih apa yang di inginkan . perjalanan masi panjang do'a-do'a indah  menjadi aksara di depan mata yang setiap saat harus di dendangkan kepada sang pencipta .

Kini kuncup-kuncup itu pun menghadapi tantangan yang berbeda seiring naiknya reputasinya yang berhasil dari butiran-butiran jagung dan kini menjadi kuncup-kuncup indah . terpaan hujan dan panas menjadi santapan yang tak lekang setiap saat tetapi di laluinya dengan penuh kegigihan sampai tumbuh dewasa dan mejualang tinggi hingga muncul tunas jagung yang padat dan besar-besar . dari satu biji dia bisa menghasilkan ratusan biji-biji baru yang menjadikan para petani tersenyum lebar menyambut nya .

perjuangan yang pantang menyerah dan keuletan dalam berusaha dari bibit lalu kuncup hingga menjadi pohon jagung dan menghasilkan ratusan butir serta bermanfaat bagi petani tan perna terfikirkan dalam benak sang bibit . bibit tersebut hanya melakukan yang terbaik buat dirinya meski beban dan rintangan menghadang . tetapi ketika bibit-bibit itu menjadi bongkahan-bongkahan jagung, bibit-bibit itu pun tersenyum lebar terlebih dia bisa membuat para petani bahagia meski petani tak merasakan perjuanganya .

perjuanagan yang tak mudah karna hidupmemang harus berjuang jika jagung mampu melibas semua semua rintangan dan berhasil merangkai kesuksesan dari mimpinya dan berhasil menjadi yang terbaik dan bermaanfaat bagi semua orang . lantas bagai mana dengan kita . jika bibit-bibit jagung bisa kenapa kita tidak .


jakarta , 09-juli-2012
mas inunk